Kamis, 11 November 2010

Toyota Dikabarkan Pasarkan Mobil Listrik Mulai 2012


Toyota Motor Corporation (Toyota) disebut-sebut bakal memasarkan mobil listrik berukuran kompak di Jepang pada 2012. Demikian laporan Kyodo News Agency seperti dikutip Reuters, Kamis (11/11).

Juru bicara Toyota yang dikonfirmasi mengatakan, perusahaannya tidak akan mengomentari informasi tersebut. Kendati demikian, juru bicara itu menyatakan Toyota akan memasarkan mobil bertenaga setrum di Amerika Serikat pada 2012.

Akio Toyoda, Presiden Toyota, mengatakan pihaknya kini lebih memusatkan perhatian pada upaya untuk meningkatkan kontrol kualitas dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Toyota, kata dia, akan mengembalikan reputasi merek paska isu penarikan produk.

Lantas apa jenis mobil bertenaga setrum yang bakal dipasarkan Toyota? Hingga kini belum ada bocoran informasi.

Namun, Jumat (16/7) lalu, Toyota bersama mitra kongsinya dari Amerika Serikat, Tesla Motors, resmi meneken kesepakatan pengembangan Toyota RAV bertenaga listrik. Saat itu, Toyota mengatakan rencananya Sport Utility Vehicle ukuran kompak listrik itu dipasarkan pada 2012.

"Tesla telah memproduksi prototipe (RAV4 listrik) dan tengah melakukan serangkaian uji coba. Dan rencananya tahun ini akan memproduksi lebih banyak," sebut siaran pers Toyota seperti dilansir automotvenews.com, Sabtu (17/6).

Tesla Motors merupakan produsen mobil listrik yang selama ini telah memproduksi roadster dan sedan. Senin (25/10) lalu, Tesla resmi membuka dealer di Tokyo Jepang. Dealer itu sekaligus menjadi dealer pertama Tesla di kawasan Asia.

“Kami menilai pasar Jepang merupakan pasar yang fantastis (potensinya),” tutur Elon Musk, dalam sambutannya seperti dilansir Associated Press, Selasa (26/10).

Selama ini, Tesla hanya menjual 1.400 unit produknya di seluruh dunia. Toyota telah membeli saham Tesla senilai US$ 50 juta atau sekitar Rp 445,2 miliar.

Akio Toyoda mengaku, bagi Toyota kongsi tersebut memiliki arti penting. Pembelian saham perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, itu merupakan salah satu upaya untuk mencapai kemajuan di bidang teknologi otomotif, khususnya kendaraan bertenaga listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar